Haloo, Pada kesempatan kali ini saya akan membahas tentang Kemampuan Menjual Diri di sosial media. Jual diri? Yah jangan. Bukan apa-apa, kasihan  yang beli. ☺

Kalau ‘jual diri’ dalam artian yang positif, yah boleh. Istilahnya, membangun nama atau personal branding. Biar di percaya. Di sini kita nggak bicara soal image atau citra tertentu.

Ya, kita ngebahas sesuatu yang lebih basic. Apa itu? Jujur dan bisa di andalkan. Insya Allah kalau jujur dan bisa di andalkan, orang-orang akan percaya sama kita bahkan mencari-cari kita.

Ada orang jujur, tapi nggak bisa di andalkan. Dikasih modal, habis. Dikasih barang, habis. Berantakan semua, nggak mampu mengelola.

Ada orang yang terampil. Sebenarnya bisa mengurusi, bisa di andalkan. Mampu mengelola. Tapi sayangnya, nggak jujur. Ini juga repot.

Nah, ketika dua ciri ini melekat pada seseorang, maka dialah businessman yang dicari-cari. Yang punya modal akan mencari dia. Yang punya barang akan mencari dia. Konsumen? Sama, akan mencari dia.

Nabi Muhammad ketika berbisnis di gelari Al-Amin. Artinya bukan sekedar jujur, tapi juga bisa diandalkan. Satu Mekkah orang mengenalnya.

Serunya lagi, dua ciri ini (jujur dan bisa diandalkan) juga diperlukan oleh seorang jomblo yang tengah mencari jodoh. Soal kepercayaan tho?

Ada seorang jomblo nanya ke saya, “Mas Ippho, kalau buku nikah hilang, apa kita harus nikah lagi?” Nah, ini jenis jomblo yang nggak bisa di percaya. ☺

Di dunia yang serba digital ini. Kemampuan Menjual Diri sangat lah penting dalam dunia kerja. tidak berarti untuk pamer yaa, tapi lebih ke bagaimana cara anda Menjual Diri atau disebut personal branding. 

Menunjukkan kualitas di rimu kepada seseorang di dunia kerja sangatlah penting yang membuat anda semakin di pertimbangkan. Tentunya membangun Kemampuan Menjual Diri membutuhkan konsep yang jelas.

Jika anda merasa Kemampuan Menjual Diri masih kurang, Jangan khawatir. Simak berikut Kemampuan Menjual Diri di sosial media yang mungkin bisa anda terapkan nantinya

Baca Juga : Ikuti Cara Ini Agar Closing Itu Gampang

Temukan Karakter atau ciri khas 

Dalam membangun karakter atau ciri khas. Anda perlu menjadi orang yang kreatif sehingga karakter anda akan tumbuh sendiri dan bertumbuh semakin cepat. Memang terlihat agak sulit buat orang yang tidak terbiasa bekerja dengan kreatif, tapi jika anda memulainya anda akan sadar kalau tidak ada yang sulit 

Kemampuan Menjual Diri akan semakin bagus lagi jika anda sudah menemukan karakter yang terlihat unik dari pada teman kerja anda. Semisal karakter dari segi cara berinteraksi dengan orang lain, cara anda berjalan, cara anda berbicara sampai ke cara anda berpakaian akan mempengaruhi Kemampuan Menjual Diri anda.

Pada inti nya jika anda harus untuk menumbuhkan karakter dalam diri anda sendiri. Karena dalam dunia sosial media personal branding sangat lah penting karena orang akan tertarik pada anda jika anda memiliki personal branding yang kuat. Selalu nikmati proses dalam menbangun karakter anda, maka kamu akan semakin terbiasa dengan prosesnya.

Baca Juga : Sarungan Tetap Menghasilkan Cuan dari Rumah Meski Cuma Sarungan

Bangun Cerita yang Menarik 

Kemampuan Menjual Diri yang paling mudah bagi anda yang suka bercerita mungkin ini akan menyenangkan bagi anda. Cerita yang menarik bisa di bangun melalui akun sosial media yang kamu miliki saat ini. 

Mungkin anda bisa memulainya melalui facebook, instagram, twitter atau mungkin bagi anda yang sudah mempunyai website anda dapat menyisipkan cerita menarik lewat postingan untuk meningkatkan personal branding anda.

anda dapat memulai dengan satu alur cerita yang menarik. Ketika orang lain semakin tertarik dengan alur cerita yang akan di bandingkan di kemudian hari. Maka dapat di pastikan orang tersebut akan menjadi pengikut loyal akan mengundang banyak orang untuk terus mengikuti jejak anda di sosial media.

Jika anda baru akan memulai bercerita untuk pertama kali anda dapat memulai nya dengan bercerita tentang pengalam hidup anda atau prestasi yang mungkin pernah anda capai. 

Bahkan anda dapat bercerita mengenai tentang cara mudah beradaptasi di lingkungan kerja, tips – tips seputar cara berkarir dan lain sebagainnya. Pada intinya ada dapat bercerita apa saja yang mungkin akan bermanfaat bagi orang lain.

Baca Juga : Melawan Pesaing dalam Bisnis

Tetap Jaga sikap 

Dalam membangun Kemampuan Menjual Diri atau bisa disebut sebagai personal branding, anda juga harus mampu menjaga sikap agar tetap terlihat sopan dan profesional di dunia kerja. 

Tapi perlu di ingat jangan terlalu berlebihan, menggebu – gebu apalagi menunjukan sikap angkuh. Karena sikap ini bukanya malah membangun tapi justru merusak Kemampuan Menjual Diri yang selama ini sudah anda bangun.

Anda dapat mencoba untuk bersikap lebih baik. sikap yang baik akan mendapatkan respon yang baik pula di lingkungan sekitarnya. Sebab itu beberapa orang akan merasa lebih tersentuh jika anda menunjukan kebaikan kepada orang tersebut.

Memiliki sifat yang baik juga memudahkan anda untuk mendapatkan teman baru yang pada dasarnya sangat berguna untuk meningkatkan Kemampuan Menjual Diri.

Terima Kasih untuk anda yang sudah membaca tulisan saya tentang Kemampuan Menjual Diri di sosial media. Sebagai penutup, kita pun berharap semoga kita di mampu kan menjadi businessman yang jujur dan bisa di andalkan. Apapun bisnisnya. Aamiin.