Pemula sebaiknya jualan Produk sendiri atau Jualan Produk orang lain?

ippho santosa

Pemula? Mau berbisnis? Sepertinya tulisan berikut pas sekali buat Anda.

Saran saya, nggak harus produk dan produksi sendiri. Setidaknya, untuk tahap awal. Kita bisa mulai dengan ‘menjual’ dan ‘menjualkan’. Vendor dan produk bisa dari mana saja. Pilih yang terbaik. Cara ini relatif mudah dan cost-nya relatif rendah.

Itulah yang saya lakukan bersama mitra-mitra, alhamdulillah. Setahu saya, itu pula yang dilakukan oleh Nabi Muhammad, yaitu ‘menjual’ dan ‘menjualkan’. Berapa lama? Selama 25 tahun, bukan satu-dua tahun. Sangat mungkin beliau seorang reseller atau sejenisnya.

Setidaknya, ada empat fungsi dalam bisnis menurut Robert Kiyosaki. Produksi, keuangan, SDM, dan marketing. Sebagai pemula, Anda tidak harus menguasai semuanya. Tidak harus. Cukup salah satunya saja. Misal, marketing. Itu pun sudah cukup disebut pengusaha.

Produk sendiri? Produksi sendiri? Sekali lagi, tidak harus.

Kalau Anda menjadi dealer Yamaha atau buka showroom Suzuki, Anda tidak melakukan produksi apapun. Hanya marketing tho? Kurang-lebih begitu juga saat Anda menjadi reseller atau agent produk tertentu. Mungkin fashion. Mungkin suplemen. Atau yang lainnya.

Bisnis kadang rumit. Tapi tidak serumit yang kita bayangkan. Menurut saya yang terpenting adalah berani memulai dan mau belajar. Seiring perjalanan waktu, insya Allah diri kita dan bisnis kita akan lebih baik selalu. Praktek ya. Semoga berkah berlimpah.

Sekian dari saya, Ippho Santosa.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *